Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan BUMN siap menjalankan misi perdagangan dan investasi di Papua Nugini.

"BUMN siap menjalankan misi perdagangan dan investasi di Papua Nugini," ujar Erick Thohir seperti dikutip dari akun resmi Instagram-nya @erickthohir di Jakarta, Kamis.

Menteri BUMN juga menambahkan bahwa hal tersebut perlu dilakukan agar perdagangan lintas batas dan denyut ekonomi masyarakat di daerah perbatasan bisa pulih.

"Penting bagi Indonesia dan Papua Nugini yang berbatasan langsung untuk memperkokoh kerjasama," katanya.

Erick Thohir menyampaikan bahwa kunci dari pemulihan pascapandemi adalah kebersamaan dan gotong royong.

"Tidak hanya antara kita di masyarakat, tapi juga antarnegara. Ini juga yang menjadi arahan Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan PM Papua Nugini, James Marape," kata Erick.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo memerintahkan empat menteri bersama delegasi dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia serta para pengusaha untuk melakukan misi perdagangan dan investasi di Papua Nugini.

Kepala Negara memandang pentingnya pembentukan perjanjian investasi bilateral antara Indonesia dan Papua Nugini.

Oleh karena itu, Presiden menugaskan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, untuk memfasilitasi dan memberi keamanan bagi investor kedua negara.

Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga menekankan pentingnya konektivitas antara kedua negara, baik di darat, laut maupun udara.

Perusahaan-perusahaan bidang konstruksi Indonesia diharapkan dapat melihat peluang terkait pembangunan sarana konektivitas dan infrastruktur di Papua Nugini.



 

Pewarta : Aji Cakti
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024