Wamena (ANTARA) - Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom minta sejumlah pejabat yang baru dilantik lebih meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Befa Yigibalom saat melantik pejabat di Wamena, Rabu, mengatakan pejabat Lanny jaya sudah bekerja dengan baik namun tidak harus sampai di situ, sehingga harus lebih giat lagi.

"Saya harap profesional dan berikan yang terbaik, semua pihak kerja dengan hati yang terbaik. Tidak melayani kepada pejabat atau siapapun. Pada masa tugas saya yang hendak berakhir ini, saya ingin dengar, menyaksikan penilaian Lanny Jaya semakin profesional," katanya.

Menurut Befa, jabatannya sebagai Bupati Lanny Jaya akan berakhir namun pelayanan dan hal-hal terbaik yang dilakukan pemerintah harus tetap berjalan sehingga dirinya mengingatkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan setempat untuk mempertahankan tiga kali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari badan pemeriksa keuangan (BPK) atas laporan pelayanan di sana.

"Sekda perhatikan supaya harga diri itu ada dalam pertanggungjawaban, bukan penggunaan anggaran," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya mengharapkan penjabat Bupati Lanny Jaya yang nantinya masuk untuk mengisi kekosongan bupati, ikut mendukung program pelayanan kemasyarakatan yang sudah dilakukan selama ini.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Lanny Jaya Samuel Yigibalom mengatakan walau bupati sudah memasuki masa akhir jabatan namun masih memiliki kewenangan untuk pelantikan, berdasarkan surat rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sesuai regulasi, enam bulan sebelum penetapan calon, bupati tidak bisa melantik tetapi bupati definitif yang mengakhiri kepemimpinan di Tahun 2022 ini masih punya kewenangan untuk melantik, sehingga kami mendapat surat rekomendasi dari kementerian dalam negeri terkait regulasi hari ini dan pelantikan hari ini sah," katanya.

Pejabat yang dilantik ini akan mengisi struktur ASN di Dinas Kepegawaian Daerah, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Keuangan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah, Dinas Pemberdayaan Perempuan serta Dinas Komunikasi dan Informatika Lanny Jaya.
 

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024