Jayapura (ANTARA) -
Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Papua berharap Kota Jayapura tetap menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman untuk kualitas hidup yang lebih baik agar bisa mempertahankan Adipura.
 
Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Papua Edward Sembiring, dalam siaran pers di Jayapura, Jumat, mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura harus terus melakukan berbagai upaya meningkatkan kinerjanya dalam pengelolaan sampah.
 
"Untuk pertahankan Adipura tersebut harus mengacu pada prinsip-prinsip pengelolaan sampah sesuai target dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 yaitu pengurangan sampah 30 persen dan penanganan sampah 70 persen serta menjadikan sampah bernilai ekonomi pada masa datang," katanya.
 
Menurut Edward, Pemkot Jayapura memang masih mengalami beberapa kendala dalam pengelolaan sampah, di antaranya kurangnya koordinasi antara Dinas Lingkungan Hidup dan kelurahan .
 
"Sehingga dalam pengelolaan sampah rumah tangga masih kurangnya kesadaran warga. Untuk itu perlu disediakan tempat sampah terpilah dan perlunya pelatihan kepada warga untuk mengolah sampahnya menjadi kompos," ujarnya.
 
Menurut dia, pemerintah dan masyarakat Kota Jayapura harus terus menciptakan inovasi dalam pengelolaan sampah, inovasi ruang terbuka hijau, serta mewujudkan kota berkelanjutani.
 
"Penghargaan bukan menjadi target, tetapi menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman untuk kualitas hidup yang lebih baik itu yang utama," katanya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024