Jayapura (ANTARA) -
Penjabat Bupati Nduga Namia Gwijangge mengharapkan adanya peningkatan budidaya ikan air tawar di wilayah setempat yang dapat mendorong kinerja perekonomian masyarakat.

Menurut dia, budidaya ikan air tawar ini penting sebagai sumber protein baru, mengingat ikan merupakan komoditas pangan yang langka di wilayah pegunungan seperti Nduga.
 
"Kami di wilayah pegunungan jarang mengkonsumsi ikan segar," kata Namia dalam rilis yang diterima di Jayapura, Senin.
 
Menurut Namia, saat ini kebutuhan ikan masih dipenuhi dari wilayah Jayapura dan sekitarnya, sehingga melalui budidaya ikan tawar tersebut, maka kebutuhan ikan tidak perlu lagi dipenuhi dari luar daerah.
 
"Untuk itu diperlukan lebih banyak lagi kelompok-kelompok budidaya ikan air tawar, apalagi wilayah pegunungan ini cukup luas," ujarnya.
 
Ia juga memastikan budidaya ikan air tawar juga dapat menjadi sumber perekonomian baru jika para kelompok-kelompok budidaya tersebut mampu mengelola dengan baik.
 
"Potensi perikanan sangat luar biasa, untuk itu melalui kegiatan pengembangan dan pendampingan kelompok budidaya, kami berharap dapat memberikan sumber pemasukan dalam bidang perikanan," katanya.
 
Selain itu, budidaya ini juga bertujuan untuk memberikan ilmu pengetahuan terkait pengelolaan usaha perikanan agar nantinya dapat memberikan sumber pemasukan.
 
"Pola pikir konsumsi saja harus diubah sehingga harus banyak belajar kepada kelompok yang sudah berhasil dan mendapatkan bantuan bibit ikan dan pelatihan terlebih dahulu harus memberikan contoh kepada usaha perikanan lainnya," ujar Namia.
 
 
 
 
 
 
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024