Jayapura (ANTARA) - Anak-anak dari pemilik hak ulayat yang belajar di Sekolah Dasar (SD) Negeri Persiapan Miri, Kabupaten Boven Digoel, Provinsi Papua menerima bantuan beasiswa dari Perusahaan Tunas Sawa Erma Group (TSE Group).

Bantuan beasiswa ini disalurkan ke sembilan lokasi yang terletak di tiga distrik di Kabupaten Boven Digoel yakni Distrik Jair di Kampung Asiki, Camp 19, Camp Inochin, Miri, Tamun Tunas, Getentiri kemudian Distrik Subur di Kampung Aiwat, dan Distrik Ki di Kampung Kia 

Seorang guru honorer di SD Negeri Persiapan Miri, Teda Gembenop dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi bantuan pendidikan dari TSE Group.

Menurut Teda, beasiswa tersebut memercikkan perasaan optimis bahwa orang Papua memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan yang layak sehingga mampu mewujudkan cita-citanya dan berkontribusi dalam membangun tanah Papua.
 
"Kami sangat berterima kasih kepada pihak perusahaan yang sudah memberikan bantuan beasiswa dan honor guru, bantuan tersebut sangat memotivasi kami," katanya.

Dia menjelaskan selain bantuan beasiswa TSE Group juga memberi bantuan peralatan tulis dan buku untuk menunjang operasional dan meningkatkan semangat kepada para murid dalam menuntut ilmu pendidikan di sekolah.

"Sehingga SD di sini adalah salah satu sekolah yang menikmati bantuan pendidikan dari TSE Group," ujarnya.

TSE Group tidak hanya menyalurkan beasiswa bagi para murid, tetapi juga tenaga pengajar pada SD Negeri Persiapan Miri melalui bantuan honor yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi guru dalam aktivitas pembelajaran.

Dia menambahkan beasiswa pendidikan dari TSE Group sebesar Rp537 juta di mana jumlah itu akan disalurkan kepada 522 pelajar di pedalaman Papua mulai dari tingkat SD hingga perguruan tinggi.

"Bantuan ini merupakan bagian dari program Social Corporate Contribution (CSC) sebagai bentuk kepedulian pihak perusahaan dalam sektor pendidikan di Papua," katanya lagi.

Sementara itu, salah seorang siswa penerima beasiswa Bibiano Oktembet mengatakan bantuan tersebut sangat bermakna sehingga dapat mendorongnya semakin giat belajar.

"Saya akan rajin lagi ke sekolah supaya bisa membanggakan orang tua dan perusahaan," katanya.

Sekadar untuk diketahui TSE Group merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pengelolaan kelapa sawit yang beroperasi di wilayah Papua.

Sementara pemberian beasiswa dan peralatan tulis maupun bantuan honor kepada guru melalui usaha TSE Group yakni TSE-A, TSE-B, TSE-C, TSE-D dan TSE-E.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024