Wamena (ANTARA) - Universitas Amal Ilmiah (UNAIM) Yapis Wamena di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua memberikan penguatan karakter, nilai-nilai bangsa bagi 297 mahasiswa baru yang merupakan generasi muda dan penerus bangsa.

Rektor UNAIM Yapis Wamena, Rudi Hartono di Wamena, Rabu, mengatakan penguatan karakter perlu dilakukan sebab nilai-nilai kebangsaan pada generasi mudah saat ini mulai luntur.

"Sehingga melalui perguruan tinggi, kita mencoba membangun, memberikan penguatan kembali karakter bangsa melalui materi-materi yang disampaikan pada pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru," katanya.

Ia mengakui pentingnya kolaborasi berbagai pihak dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan bagi generasi muda agar nantinya mereka ikut memberikan kontribusi signifikan bagi bangsa.

"Sebagai intelektual, merupakan kebanggaan ketika mahasiswa memiliki moral, karakter baik yang diimplementasikan dalam dirinya," katanya.

Rudi memastikan penguatan karakter, moral yang dilakukan sejalan dengan program pemerintah yaitu merdeka belajar dan kampus merdeka, dan diharapkan nantinya terwujudnya generasi emas Papua pada 2025.

"Tema yang dibuat kali ini adalah penguatan karakter, moral, dan intelektual mahasiswa di era kampus merdeka dan merdeka belajar menuju generasi emas Papua 2025. Kami pengelola perguruan tinggi berharap SDM yang kita bina akan menjadi generasi emas 2025," katanya.

Pelaksanaan pengenalan kehidupan kampus itu dijadwalkan berlangsung tiga hari, terhitung sejak Rabu, (10/8).

Pewarta : Marius Frisson Yewun
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024