Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua berharap jiwa patriotisme Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) daerah setempat dapat terus meningkat.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun di Jayapura, Selasa, mengatakan pada masa-masa latihan para pelatih telah menanamkan banyak hal yang terkait dengan patriotisme.
 
"Dengan menanamkan jiwa patriotisme menjadikan pemuda dan pemudi memiliki jiwa besar yang mampu mendharmabhaktikan jiwa raga," katanya.
 
Menurut Ridwan, anggota Paskibraka merupakan tunas-tunas harapan bangsa dan negara dengan menunjukkan sikap rela berkorban meluangkan waktu serta tenaga untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka
 
"Adik-adik ini diharapkan dapat mewujudkan dharma bakti kepada bangsa dan negara sebagaimana para pahlawan yang rela berkorban," ujarnya.
 
Dia menjelaskan anggota Paskibraka telah dilatih dan digembleng para pelatih baik TNI-POLRI juga Purna Paskibraka Indonesia (PPI) sejak Juli hingga dikukuhkan pada 16 Agustus 2022.
 
"Dengan latihan yang cukup lama maka adik-adik siap dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang di amanatkan demi berkibar Sang Merah Putih," katanya lagi.
 
Dia menambahkan selain itu dalam masa latihan tersebut, anggota Paskibraka akhirnya memiliki rasa bangga menjadi pemuda-pemudi yang mampu mendharmabhaktikan segala jiwa raga untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebelumnya, anggota Paskibraka Provinsi Papua tahun 2022 dikukuhkan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun pada Selasa (16/8) malam di Gedung Negara Dok V Jayapura.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024