Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan berkolaborasi dengan duta damai dunia maya di wilayah itu guna menciptakan kedamaian di Bumi Cenderawasih tersebut.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Papua Musa Isir di Sentani, Jumat, mengatakan, pihaknya mendukung keberadaan duta damai dunia maya di Papua yang baru dikukuhkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Boy Rafli Amar.

Menurut Isir, sejak terbentuknya Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua pada Februari 2022 pihaknya mendukung penuh berbagai pencegahan radikalisme dan terorisme di provinsi paling timur Indonesia itu.

"Pemprov Papua akan terus berkolaborasi dengan FKPT dan duta damai dunia maya untuk menciptakan perdamaian dan memperkuat persatuan di Papua," katanya saat menghadiri pengukuhan 50 anak muda Papua sebagai duta damai dunia maya di Sentani, Jumat.

Menurut Isir yang juga sebagai ketua FKPT Papua itu, pihaknya akan terus menciptakan kedamaian di kota dan kabupaten di Provinsi Papua tetapi di Indonesia.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana pembentukan duta damai dunia maya Provinsi Papua Kolonel Pas. Sujatmiko menjelaskan sejak 2016-2022 BNPT telah membentuk 16 duta damai dunia maya yang tersebar pada 16 Provinsi di Indonesia.

"Sementara di Papua menjadi provinsi ke-17 setelah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Nusa Tenggara Barat (NTB)," katanya.

Dia menambahkan pengukuhan duta damai dunia maya Provinsi Papua sebagai plaftform generasi muda di wilayah itu agar berperan aktif dalam pencegahan radikal terorisme khususnya di kalangan generasi muda.

Pengukuhan 50 anak muda Papua sebagai duta damai damai dunia maya dilakukan oleh Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Jumat (7/10).

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024