Jayapura (ANTARA) - Anak muda di Kabupaten Merauke, Provinsi Papua melaksanakan aksi kepedulian terhadap lingkungan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda 2022.

Koordinator Aksi Muda Jaga Iklim (AJMI)  Merauke Ewhyn Falufi dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin, mengatakan Hari Sumpah Pemuda bukan hanya dirayakan setiap 28 Oktober namun Sumpah Pemuda telah lahir jauh sebelum adanya perayaan tahunan.

"Sebab kemerdekaan atas diri sendiri telah lahir sedari kami belum mengenal kehidupan," katanya.

Aksi yang digagas bertajuk Anak Muda Jaga Iklim atau AMJI tersebut juga dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada 29 Oktober 2022.

Menurut Falufi, sebagai bagian anak muda sudah seharusnya menyumbangkan sumbangsih semangat dan keprihatinan terhadap keadaan bumi saat ini sehingga aksi serentak tersebut merupakan tindakan nyata atas kepedulian dalam kerja sama serta kebersamaan kepedulian terhadap lingkungan.

"Aksi ini dilaksanakan pada 247 titik yang tersebar di seluruh Indonesia sementara di Merauke berlangsung di Pantai Imbuti Lampu Satu Merauke," ujarnya.

Dia menjelaskan dari aksi tersebut AMJI Merauke mengumpulkan sebanyak 67 kantong sampah yang terdiri dari sampah logam dan alumanium 89 kilogram dan sampah tekstil 67 kilogram.

"Kemudian sampah puntung rokok 12 kilogram, sampah lidi cilok lima kilogram dan sampah lainnya 127,7 kilogram," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap aksi kepedulian lingkungan tidak berhenti pada perayaan Hari Sumpah Pemuda tetapi juga menjadi aksi lanjutan dalam berkolaborasi demi menjaga lingkungan dan iklim di Kabupaten Merauke.



Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024