Jayapura (ANTARA) - Anggota Satuan Tugas (Satgas) Tentara Manunggal Membangun Desa atau TMMD Ke-115 Kodim 1708/BN menggunakan Mesin Jack Hammer guna menggali septic tank di Kampung Sorido, Kabupaten Biak Numfor, Papua, Selasa.

Anggota Satgas TMMD Kodim 1708/BN Serda Jordi dalam siaran pers Penerangan Kodim Biak Numfor kepada Antara di Jayapura, Selasa mengatakan dalam penggalian septic tank melibatkan sebanyak empat anggota Satgas TMMD.

Menurut Jordi, Pulau Biak merupakan salah pulau karang sehingga dalam melakukan penggalian harus menggunakan mesin Jack Hammer.

"Karena sebagian tanah di wilayah Kabupaten Biak Numfor berisi batu karang kondisi ini yang membuat penggalian septic tank harus menggunakan mesin," katanya.

Dia menjelaskan jika menggali secara manual atau dengan cangkul dan linggis akan mengalami kesulitan sehingga untuk mempercepat proses pengerjaan harus menggunakan mesin Jack Hammer.

"Apalagi jika menggunakan cangkul dan linggis akan memakan waktu saru hari untuk menyelesaikan penggalian septic tank,," ujarnya.

Dia mengakui dalam proses penggalian septic tank begitu menguras tenaga tetapi dengan adanya bantuan dari masyarakat setempat dan semangat gotong royong anggota Satgas TMMD bersama masyarakat pekerjaan tersebut menjadi ringan.

"Ini menjadi bukti kerja sama TNI dengan masyarakat berjalan dengan baik dalam melakukan pengerjaan," katanya lagi.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024