Biak (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor, Papua menyalurkan bantuan tiga ambulans puskesmas untuk melayani kebutuhan pasien rawat jalan warga di rumah sakit dan puskesmas.

"Mobil ambulans untuk operasional yang diserahkan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan prima kepada pasien berobat rawat jalan di tiga puskesmas, " ujar Wakil Bupati Biak Calvin Mansnembra di Biak, Sabtu.

Ia mengharapkan kendaraan dinas operasional kesehatan untuk tiga puskesmas di Biak Numfor supaya digunakan dengan benar untuk melayani pasien rawat jalan ke fasilitas pelayanan kesehatan pemerintah, baik puskesmas maupun rumah sakit umum daerah.

Ia mengakui pengadaan kendaraan dinas di bidang kesehatan dibutuhkan masyarakat di berbagai kampung dan distrik atau kecamatan di Kabupaten Biak Numfor.

"Saya serahkan kunci mobil kendaraan dinas operasional puskesmas dengan harapan untuk dipakai sesuai peruntukan melayani kebutuhan pasien yang berobat," kata Wabup Calvin Mansnembra.

Ia juga mengingatkan kepala puskesmas penerima ambulans untuk merawat dengan baik  kendaraan itu karena menjadi kebutuhan utama untuk pelayanan pasien di wilayah kerja puskesmas.

"Jaga dan rawat dengan baik mobil ambulans Dinas Kesehatan karena ini merupakan aset daerah milik pemerintah yang diberikan khusus untuk menunjang kelancaran tugas pelayanan kesehatan di lapangan," ujar dia.

Penyerahan bantuan tiga kendaraan dinas puskesmas bertepatan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-58 itu, untuk Puskesmas Paray Biak Kota, Yendidori, dan Ridge.

Selepas apel peringatan hari kesehatan nasional ke-58 Wabup Calvin Mansnembra meresmikan penggunaan gedung baru Instalasi Gawat Darurat dan gedung bedah terintegrasi RSUD Biak.

Wabup Calvin didampingi Waket DPRD Aneta Kbarek, Direktur RSUD dr Ricardo R.Mayor, Plt Sekda ZR Mailoa dan Kadis Kesehatan Daud N.Duwiri langsung meninjau ruang bedah teritegrasi dan IGD. Wabup Calvin Mansnembra didampingi Direktur RSUD dr Ricardo Mayor, Waket DPRD Aneta Kbarek, Plt Sekda ZR Mailoa dan Plt Kadis Kesehatan Daud Duwiri meninjau fasilitas ruang instalasi gawat darurat RSUD Biak. ANTARA/Muhsidin Program bidang kesehatan salah satu kebijakan prioritas daerah Tahun 2022 selain sektor pendidikan, sarana prasarana infrastruktur, pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta pariwisata dan perikanan.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024