Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua melalui dinas sosial menggunakan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk program layanan penyaluran bantuan sosial kepada keluarga penerima manfaat.

"DTKS merupakan data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi sumber kesejahteraan sosial," ujar Kadis Sosial Ferry Bettay di Biak, Selasa.

Diakui Ferry, DTKS Kemensos dijadikan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelengaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Biak Numfor.

"Proses seleksi data untuk penerima bansos semua berpedoman DTKS Kementerian Sosial," ujarnya.

Sebelumnya, Asisten 1 Sekda Biak Mahasunu mengakui, untuk mengakses data penerima bansos pemerintah diperoleh melalui DTKS.

"Identitas nama penerima bansos pemerintah dapat diketahui dengan hak akses DTKS di daerah, ya Dinas Sosial sudah punya hak aksesnya," ujar Mahasunu yang juga pelaksana tugas kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

Berdasarkan data Dinas Sosial bantuan langsung tunai dampak kenaikan BBM Tahun 2022 Pemkab Biak Numfor sebanyak 2.043 orang untuk nelayan 1.332 orang, tukang ojek 532 orang, sopir angkutan 179 orang.

Cara untuk mengetahui nama kita masuk ke dalam DTKS, yaitu bisa tanya data ke Dinsos Kabupaten/Kota dengan membawa Kartu Keluarga (KK) atau Kartu Tanda Pengenal (KTP).

Adapun cara Cepat Cek Data Terpadu Kesejahteraan Sosial sebagai berikut :
Jika sudah punya data NIK dapat di-crosscheck kepesertaan bansosnya di https://cekbansos.siks.kemsos.go.id
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024