Biak (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Biak Numfor, Papua menyebut, layanan angkutan penumpang siap dalam menghadapi liburan hari raya Natal dan Tahun Baru 2023 masih tetap dilayani kapal milik PT Pelni.

"Dishub sudah berkoordinasi dengan pihak PT Pelni cabang Biak untuk menyiapkan kebutuhan angkutan Natal dan tahun baru dari pelabuhan Biak, " ujar Kepala Dinas Perhubungan Biak Fransisco Olla menanggapi kesiapan angkutan Natal di Biak, Kamis.

Francisco Olla mengakui, setiap tahun biasanya pihak Pelni akan menambah ekstra angkutan kapal untuk melayani lonjakan penumpang kapal saat menyambut Natal dan tahun baru.

Fransisco mengutarakan harapannya agar untuk angkutan Natal tahun 2022, pihak manajemen PT Pelni bisa menambah frekuensi angkutan kapal laut saat mendekati hari Natal.

"Dishub Biak tetap berharap ada penambahan ekstra angkutan Natal dari dan tujuan pelabuhan Biak," harap Kadishub Fransisco.

Diakuinya, pengalaman dari beberapa tahun terakhir saat menjelang hari raya Natal dan tahun baru terjadi peningkatan penumpang kapal dari pelabuhan Biak.

Tujuan paling banyak penumpang kapal, menurut Fransisco, yakni tujuan Jayapura dan arah barat Manokwari, Sorong, Ambon, Ternate, Bitung, Makassar dan Surabaya.

"Rute penumpang kapal laut setiap tahun menghadapi Natal diperkirakan meningkat apalagi setelah pandemi COVID-19, " katanya.

Sementara untuk penumpang udara di Bandara Internasional Frans Kaisiepo untuk angkutan udara kebutuhan liburan Natal dan Tahun Baru akan dilayani tiga maskapai setiap hari Lion Air dan Sriwijaya Air serta Garuda Indonesia setiap Kamis satu kali seminggu.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024