Biak (ANTARA) - Realisasi pekerjaan proyek infrastruktur fisik di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Biak Numfor, Papua pada tahun 2022 sudah tuntas 100 persen.

"Untuk jenis pekerjaan fisik infrastruktur jembatan, jalan dan air bersih sebagian besar sudah selesai. Khusus satu proyek jalan bina marga di pulau Padaido/Aimando sampai sekarang dalam proses pelaksanaan penyelesaian, " ujar Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Biak Aries Innah seusai melakukan anjangsana pembagian paket bahan pokok di panti bina netra Biak, Senin.

Ia mengakui untuk realisasi anggaran proyek infrastruktur di lingkungan dinas pekerjaan umum hingga November 2022 sudah mencapai 90 persen.

Aries Innah berharap di sisa satu bulan ke depan tahun 2022, semua pekerjaan infrastruktur fisik pekerjaan umum dapat tuntas sesuai dengan masa waktu penyelesaian.

Ia mengatakan proyek infrastruktur jalan, jembatan dan air bersih yang sudah selesai dapat digunakan untuk masyarakat di berbagai kampung.

"Kami ingin proyek infrastruktur fisik yang telah tuntas diselesaikan dapat bermanfaat untuk melayani kepentingan masyarakat kampung dan distrik, " ujarnya.

Disinggung kendala penyelesaian pekerjaan proyek infrastruktur tahun 2022, menurut Aries Innah, sampai saat ini ada satu pekerjaan jalan yang masih terhambat dengan tanah hak ulayat.

"Kami berharap adanya dukungan dari masyarakat adat pemilik hak ulayat untuk membantu pemerintah dalam upaya kepentingan pembangunan infrastruktur dasar warga kampung, " harap Aries Innah.

Diakui Aries Innah, pada tahun 2022 sumber pembiayaan dana pembangunan infrastruktur Dinas Pekerjaan Umum Biak berasal dari alokasi dana khusus dan otonomi khusus Papua.

Sebelumnya, jajaran ASN Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Biak Numfor memberikan bantuan paket bahan pokok kepada warga panti bina netra dan panti asuhan Pancasila Biak. Anjangsana pemberian bantuan paket bahan pokok jajaran ASN DPU Biak kepada warga bina panti netra Biak dipimpin Plt Kadis PU Aries Innah.ANTARA/Muhsidin
Kunjungan kasih jajaran ASN DPU Biak bersama pengurus darma wanita persatuan ke panti bina netra dan panti asuhan Pancasila dipimpin Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Aries Innah.

"Anjangsana ke panti bina netra dan panti asuhan Pancasila dalam rangka hari bakti Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke-77 Tahun 2022," ujar Plt Kadis Aries Innah.

Berdasarkan kebijakan pembangunan Pemkab Biak Numfor Tahun 2022, sektor pembangunan sarana infrastruktur dasar menjadi salah satu program prioritas daerah selain sektor pariwisata, perikanan kelautan dan pertanian.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024