Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua melalui Dinas Tenaga Kerja setempat menaikkan upah bagi pekerja yang direkrut melalui program padat karya 2023 dari Rp7,5 juta menjadi Rp8,4 juta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Djoni Naa saat pembukaan kegiatan padat karya tahap I di Jayapura, Senin, mengatakan upah bagi para pekerja program padat karya 2023 naik sebesar Rp900 ribu sementara untuk jumlah kelompok kerja diturunkan.

"Jika sebelumnya pada 2022 kelompok program padat karya berjumlah mencapai 65-70 namun pada 2023 menjadi 64 kelompok," katanya.

Menurut Naa, jumlah kelompok menurun karena disesuaikan dengan anggaran yang bersumber dari dana otonomi khusus pada 2023 di Dinas Tenaga Kerja untuk pembiayaan padat karya sebesar Rp3 miliar di bagi dalam tiga tahap sehingga lebih banyak digunakan untuk upah kerja.

"Karena upah kerja jika dibagi kepada 64 kelompok saat ini masing-masing bisa mendapat Rp500 ribu lebih," ujarnya.

Dia menjelaskan meski kegiatan padat karya bersifat sementara, namun berdampak pada pemenuhan kebutuhan warga setiap hari.

"Karena setiap tahun kami melaksanakan program padat karya untuk menekan angka pengangguran, setengah pengangguran dan masyarakat ekonomi lemah," katanya lagi.

Dia menambahkan program padat karya tahap I 2023 akan selesai sebelum HUT ke 113 Kota Jayapura pada 7 Maret 2023 sehingga diharapkan setiap kelompok kerja dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai batas waktu yang ditentukan yakni pada 27 Februari 2023.

"Sehingga pada 28 Februari 2023 hingga 3 Maret 2023 semua kelompok kerja bisa memasukkan laporan kerja kepada kami sehingga bisa diproses pencairan anggaran," ujarnya lagi.

Sebelumnya Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Jayapura Amos Solossa mengatakan pihaknya berharap para kelompok kerja bisa menjalankan setiap pekerjaan dengan rasa tanggung jawab guna mewujudkan kebersihan dan keindahan wilayah itu.

Dia menambahkan kegiatan padat karya tersebut merupakan wujud nyata dan perhatian Pemkot Jayapura untuk menekan angka pengangguran di daerah itu.
Kegiatan padat karya tahap I 2023 menyerap tenaga kerja sebanyak 680 orang yang dibagi dalam 64 kelompok kerja.

Pembukaan kegiatan padat karya tahap I 2023 dibuka oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Jayapura Amos Solossa pada 20 Februari 2023.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024