Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua segera mengumpulkan atlet-atlet untuk melaksanakan latihan menuju pra PON yang mulai berlangsung pada Mei hingga September 2023.

Wakil Ketua III KONI Papua Elia Loupatty di Jayapura, Kamis, mengatakan pihaknya berharap semua atlet di setiap cabang olahraga sudah melakukan persiapan-persiapan sehingga ketika dipanggil semuanya sudah lebih siap.

"Apalagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua juga sudah siap mendukung untuk menyiapkan anggaran kepada KONI dalam mempersiapkan cabang olahraga untuk mengikuti pra kualifikasi PON," katanya.

Menurut Loupatty, keikutsertaan Papua pada pra-PON sangat penting karena akan berpengaruh kepada kontingen asal Bumi Cenderawasih itu untuk mengikuti ajang PON XXI 2024 di Aceh dan Sumatera Utara.

Terkait itu pihaknya memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada Pemprov Papua yang telah bersedia untuk mendukung KONI setempat dalam kualifikasi PON 2024.

"Kami baru saja menjadi tuan rumah PON XX 2021 sehingga kalau Pra kualifikasi bisa diikuti dengan baik maka kami bisa tampil di ajang PON XX1 Aceh dan Sumut," ujarnya.

Senada disampaikan Sekretaris Umum KONI Papua George Weyasu yang menyebutkan jika Pemprov Papua akan menyiapkan dana untuk memfasilitasi setiap cabang olahraga untuk pra-PON nanti.

"Kami sudah bertemu dengan pelaksana tugas Sekda Provinsi Papua pada Rabu (29/3) dan dari Pemprov Papua akan memberikan bantuan dana kepada kami sehingga kami bisa memfasilitasi cabang-cabang olahraga saat pra-PON," katanya.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024