Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Biak Numfor, Papua bersama organisasi Islam Dewan Masjid Indonesia, MUI dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) melakukan Safari Ramadhan 1444 Hijriah di Kampung Syabes Distrik Yendidori  untuk menyerap aspirasi warga setempat.

"Kegiatan Safari Ramadhan 1444 H di Kampung Syabes memberikan bantuan 40 paket bahan pokok kepada keluarga mualaf dan bahan bangunan mushala yang diserahkan Ketua Dewan Masjid Indonesia Biak H.Saipuddin," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup Biak Iwan Ismulyanto mewakili Pemkab Biak Numfor kegiatan safari Ramadhan 1444 H, Minggu.

Iwan menyebutkan, acara Safari Ramadhan yang digelar bersama Ormas Islam dalam upaya untuk meningkatkan hubungan silaturahim di bulan suci puasa dengan warga kampung.

Melalui kunjungan Safari Ramadhan, menurut Iwan, bagi pemerintah maupun Ormas Islam dapat menyerap aspirasi terkait kebutuhan masyarakat di kampung.

"Pemkab Biak Numfor memberikan apresiasi atas program safari Ramadhan 1444 Hijriah karena bisa mengetahui informasi masyarakat terhadap program pemerintah," sebut Iwan Ismulyanto.

Sementara itu, Ketua Dewan Masjid Indonesia Biak Haji Saipuddin mengharapkan, program Safari Ramadhan 1444 H dilakukan bersama Ormas Islam, Pemkab Biak Numfor dan forkopimda bertujuan meningkatkan hubungan persaudaraan yang erat dengan warga Biak Numfor.

Bulan puasa Ramadhan bagi umat Muslim, menurut Saipuddin, merupakan bulan penuh berkah, rahmat dan bulan berlipat ganda amalan ibadah.

Ia mengatakan, adanya Safari Ramadhan tidak saja mengunjungi warga di berbagai kampung tetapi menjadi bulan untuk saling berbagi kebaikan dengan sesama warga Biak Numfor.

"Jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan tetapi ini merupakan wujud nyata kepedulian Ormas Islam, pemerintah dan Forkopimda untuk saling berbagi berkat di bulan Ramadhan 1444 H," katanya.

Ketua PHBI Biak H. Andi Firman Madjadi menyampaikan terima kasih kepada pimpinan Ormas Islam, pemda, Forkopimda dan organisasi paguyuban masyarakat Nusantara yang telah berpartisipasi dalam kegiatan Safari Ramadhan 1444 H.

"Semoga kegiatan Safari Ramadhan bisa lebih mempertebal semangat ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan di bulan puasa sebagai hamba Allah SWT," katanya.

Kepala Kampung Syabes Yulianus Pariaribo mengaku, sangat senang dan bangga dengan kegiatan safari Ramadhan 1444  yang mengunjungi warganya untuk memperkuat hubungan persaudaraan sesama masyarakat.

"Acara safari Ramadhan dari pemerintah daerah bersama ormas Islam di kampungnya memberikan paket bantuan bahan pokok untuk warga dan bahan bangunan tempat ibadah umat Islam,"  ujarnya.

Bantuan 40 paket bahan pokok itu berasal dari Ormas Islam, donasi umat Islam di Biak dan luar daerah, pemerintah/forkompinda serta sumbangan warga Muslim lainnya. Ketua DMI Ir H. Saipuddin menyerahkan bantuan bahan bangunan untuk pembangunan mushala di Kampung Syabes Distrik Yendidori Biak pada acara safari Ramadhan 1444 H. ANTARA/Muhsidin

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024