Jayapura (ANTARA) - Pangkalan Angkatan Laut (lanal) Nabire melakukan upacara kenaikan pangkat prajurit yang dilaksanakan di bawah laut di Pantai Erari Nabire, Papua Tengah, guna memberikan semangat serta menambah kepercayaan diri, menjadi suatu kebanggaan tersendiri sebagai motor penggerak dalam bidang kemaritiman.

Komandan Pangkalan TNI AL Nabire Mayor Laut (KH) Dominikus Tedjun dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan agar menjadi penyemangat para prajurit dalam menjalankan tugas.

"Kenaikan pangkat ini merupakan bentuk perhatian dan pimpinan TNI AL atas kinerja ,dedikasi dan loyalitas prajurit yang ditunjukkan selama ini,” katanya.

Menurut Dominikus, upacara kenaikan pangkat tersebut dilakukan pada kedalaman 15 meter bawah laut Pantai Erari Nabila yang merupakan salah satu pantai terbaik yang ada di Nabire, seperti surga tersembunyi, karena pantai tersebut dikelilingi oleh pegunungan.

“Dengan kenaikan pangkat diharapkan akan memberikan motivasi pengabdian dan semangat baru dalam melaksanakan tugas," ujarnya.

Dia menjelaskan upacara tersebut diawali dengan pemasangan tanda pangkat baru kepada prajurit yang naik pangkat dilanjutkan pemberian ucapan selamat oleh seluruh peserta upacara.

“Adapun prajurit yang mendapatkan kenaikan pangkat pada 1 April 2023 yakni Klasi Dua (Kld) Mario Rulyanto Nenabu dan Kld Pom Virgan Nanda Aulia menjadi Klasi Satu (Kls),” katanya lagi.

Dia menambahkan semoga dengan acara seperti ini dapat memberi semangat baru bagi prajurit lainnya. Apalagi upacara kenaikan pangkat dilakukan di bawah laut dan diikuti seluruh prajurit dan PNS di lingkungan Lanal Nabire.

“Saya harapkan ke depan semangat baru akan terus digelorakan sehingga menjadi motivasi dalam menjalankan tugas,” ujarnya lagi.

Sekadar diketahui, sebelumnya telah dilakukan upacara kenaikan pangkat prajurit yang di pimpin langsung oleh Komandan Pangkalan TNI AL Nabire Mayor Laut (KH) Dominikus Tedjun yang bertempat di Pantai Erari Nabire, Papua Tengah, Sabtu (1/4).


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024