Biak (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menetapkan jumlah besaran zakat fitrah 2,5 kg/jiwa atau dibayar uang Rp27.500/jiwa dan zakat mal untuk umat Islam pada pelaksanaan ibadah puasa Ramadhan 1444 Hijriah.

Ketua Baznas Biak Dr Muslim Lobubun MH melalui Surat Keputusan Tahun 2023/1444 Hijriah yang diperoleh ANTARA, Selasa, disebutkan penetapan besaran zakat fitrah dengan beras sebanyak 2,5 kg/jiwa, sedangkan untuk zakat mal cukup nishab satu tahun sebesar 2,5 persen

Sementara jika umat Islam membayar dengan uang sesuai dengan jenis beras, maka ada tiga kategori harga beras yakni kategori satu harga beras Rp11 ribu per kg dengan harga zakat fitrah Rp27.500/jiwa.

Untuk kategori dua dengan harga beras Rp14 ribu per kg maka zakat fitrah dibayarkan sebesar Rp35.000/jiwa  dan kategori tiga harga beras Rp16 ribu per kg maka zakat fitrah dibayar uang sebesar Rp40.000 per jiwa.

Untuk jenis fidyah ditetapkan beras sebanyak satu mut sebesar 700 gram atau dibulatkan satu kilogram dan jika dibayar dengan uang sebesar Rp15 ribu/hari.

Sedangkan untuk zakat harta dengan nishab satu tahun atau setara dengan nishab emas sebanyak 85 gram per tahun.

Sementara nilai zakat yang dikeluarkan dengan harga emas dibulatkan Rp1,020 juta per gram sehingga total harta sebesar Rp87,5 juta per tahun maka zakat harta yang wajib dikeluarkan umat Islam 2,5 persen.

Muslim menyebutkan untuk pembayaran dan pendistribusian zakat fitrah dan zakat mal melalui komisariat pengumpul zakat di setiap masjid dan mushala yang resmi dibentuk Baznas Kabupaten Biak Numfor.

Salah satu panitia amal Ramadhan Madjid Al Mukminin Sorido Biak Roni Caryono mengimbau umat Islam, jamaah masjid, dapat menunaikan kewajiban zakat fitrah dan zakat harta sesuai keputusan Baznas Biak Numfor.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024