Kabupaten Jayapura (ANTARA) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Jayapura, Papua, menyebutkan pada 2022 retribusi dari Pasar Phara Sentani menjadi penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jayapura Theopilus Hendrik Tegai di Sentani, Selasa, mengatakan pada 2022 PAD dari Retribusi Pasar Phara Sentani mencapai Rp1.725.000.000 (Rp1,73 miliar).

“PAD dari Pasar Phara Sentani per 2022 melebihi target hingga mencapai Rp1,73 miliar, sehingga kami akan terus berupaya untuk menata pasar dengan baik,” katanya.

Menurut Theopilus, kelebihan target tahunan PAD Kabupaten Jayapura yakni Rp125 juta pada 2022 dari target tahunan sebesar Rp 1.600.000.000 (Rp1,6 miliar).

"Kami sudah melebihi target tahunan yaitu Rp1,6 miliar, jadi untuk 2022 PAD yang diperoleh dari retribusi pasar sebesar Rp1,73 miliar,” ujarnya.

Dia menjelaskan melihat pertumbuhan ekonomi yang terjadi begitu pesat maka pihaknya akan lebih baik lagi menata pasar.

"Banyak pihak yang bermain di pasar tapi kami akan menertibkan hal itu sehingga aset pemerintah daerah ini benar-benar tertib dan menjadi sumber PAD bagi daerah,” katanya lagi.

Dia menambahkan para pedagang yang membeli lapak jualan dari pemerintah kemudian dijual kembali ke pedagang lain akan cepat ditertibkan.

“Jual-menjual lapak di pasar ini bagian dari penyerobotan aset daerah dan ini akan kami tindak tegas agar jangan ada mafia di dalam pasar,” ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024