Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi, Papua Selatan, melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM setempat menggelar pasar murah dalam rangka stabilisasi harga pangan dan pengendalian inflasi di daerah itu.

Penjabat Bupati Mappi Michael Gomar dalam siaran pers yang diterima di Jayapura, Selasa, mengatakan pasar murah akan dilaksanakan sebanyak tiga kali yakni menjelang perayaan hari Paskah, Lebaran 2023 dan menjelang Natal 2023.

"Jadi untuk pasar murah menjelang hari Paskah telah dilaksanakan pada 3-4 April 2023 kemudian kami menjadwalkan untuk mengadakan pasar murah menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah," katanya.

Menurut Gomar, dalam operasi pasar murah itu disediakan beberapa komoditas dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat seperti beras per kilogram dijual seharga Rp10 ribu dan minyak goreng Rp13 ribu per liter.

"Selanjutnya tepung terigu Rp12.500 per kilogram, gula pasir Rp12. 500 per kilogram dan mie instan Rp2 ribu per bungkus," katanya.

Dia menjelaskan dengan adanya penyesuaian kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang berdampak pada kenaikan harga bahan pokok di seluruh wilayah Indonesia maka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat maka pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan pengendalian inflasi.

"Sehingga untuk mengendalikan inflasi di daerah, Pemkab Mappi melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM melaksanakan kegiatan operasi pasar murah," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap dengan adanya pasar murah dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu menjelang perayaan hari Paskah dan Idul Fitri  1444 H.

Pihaknya juga meminta Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Mappi bersama satgas pangan setempat agar melakukan rapat koordinasi dan pengawasan setiap saat di lapangan untuk melaporkan harga bahan pokok.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024