Sentani, Papua (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, menggelar pasar murah guna menekan laju inflasi daerah, yang bertempat di halaman Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Jumat.

Sekretaris Daerah Jayapura Hana S Hikoyabi di Sentani, Papua, Jumat mengatakan pemerintah kabupaten melakukan pasar murah di empat titik yakni Gunung Merah Sentani, Distrik Depapre, Nimbokrang, dan Yapsi.

"Pasar murah ini kami lakukan untuk memastikan bahwa masyarakat dapat memperoleh bahan pokok dengan harga yang terjangkau," katanya.

Menurut Hana, pelaksanaan pasar murah di Distrik Nimbokrang dan Depapre berlangsung pada 17 April 2023 dan untuk Yapsi akan digelar pada 18 April 2023.

"Pasar murah tidak terfokus di satu tempat, tetapi kami membagi-bagi di distrik-distrik untuk dapat dijangkau masyarakat baik yang ada di pesisir maupun pinggiran kota," ujarnya.

Dia menjelaskan bahan-bahan pokok yang dijual pada pasar murah ini di antaranya beras, minyak goreng, telur, daging ayam, minyak tanah, bawang merah dan putih, serta kebutuhan lainnya.

"Ada bahan pokok yang mendapat subsidi atau intervensi harga langsung oleh pemerintah, maksudnya supaya masyarakat tetap mampu untuk membelinya" katanya.

Dia menambahkan bahan pokok yang harganya sudah diintervensi langsung oleh pemerintah yakni telur, daging, minyak goreng, minyak tanah, dan juga bumbu dapur.

"Memang bahan-bahan pokok seperti ini yang menjadi kebutuhan utama masyarakat, sehingga pemerintah merasa penting untuk melakukan intervensi harga," ujarnya lagi.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024