Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jayapura, Papua, meminta agar selama libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah/Lebaran 2023 masyarakat di daerah tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes) guna mengantisipasi lonjakan kasus COVID-19.

"Penanganan COVID-19 yang telah dilakukan oleh Tim Satgas COVID-19 Kota Jayapura ini agar tetap dijaga, sehingga tidak menimbulkan kasus baru," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari di Jayapura, Senin.

Menurut Sri, saat ini sudah muncul varian baru yang kemungkinan sudah masuk ke Indonesia sehingga diharapkan masyarakat tetap waspada.

Dia menjelaskan untuk vaksinasi hingga kini tetap dilaksanakan karena sampai saat ini masih ada permintaan dari warga untuk mendapatkan suntik vaksin penguat atau booster.

Sri menambahkan pihaknya mengimbau kepada seluruh warga Kota Jayapura selama libur dan cuti bersama Idul Fitri menghindari terjadinya kerumunan yang tidak terlalu penting guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kita sama-sama dapat memperhatikan kesehatan masing-masing selama libur Lebaran," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya juga memastikan pelayanan kesehatan di puskesmas tetap dilakukan selama libur dan cuti bersama Idul Fitri 2023.

"Setiap puskesmas juga sudah ada call center sehingga masyarakat bisa menghubungi sewaktu-waktu memerlukan pelayanan dan pada Dinas Kesehatan juga memiliki layanan call center 119 sehingga masyarakat bisa memanfaatkan itu," ujar Sri.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024