Biak (ANTARA) - Siswa dan peserta upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2 Mei 2023 di Kabupaten Biak Numfor, Papua menggunakan pakaian adat Nusantara sebagai implementasi dari Program Merdeka Belajar.

"Terima kasih peserta upacara Hardiknas sudah memakai pakaian adat daerah di Indonesia membuktikan kita bersatu mewujudkan kebersamaan," ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap yang juga menggunakan pakaian adat Biak pada upacara Hardiknas, Selasa.

Bupati Herry berharap, kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang digencarkan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset Teknologi Republik Indonesia terus didukung.

Dari Program Merdeka Belajar, lanjut Bupati Herry Naap, para siswa atau mahasiswa dapat belajar ke berbagai tempat untuk mengembangkan potensi diri dan kemampuan bakat anak-anak lewat Festival Biak Pintar.

"Pemkab Biak Numfor memberikan dukungan penuh program pendidikan untuk pengembangan masa depan anak generasi emas Biak," kata Bupati Herry Naap.

Bupati Herry Naap minta pihak sekolah maupun dinas pendidikan dapat terus meningkatkan kontribusi untuk perbaikan Indeks Pembangunan Manusia.

"Biak Numfor kita harapkan tahun depan di bidang pendidikan menduduki peringkat pertama mengalahkan daerah lain di Tanah Papua," harap Bupati Herry Naap.

Dia mengajak jajaran dinas pendidikan dan satuan pendidikan dapat mendukung program Festival Biak Pintar dalam rangka mencetak generasi emas di Tanah Papua.

Selepas upacara Hardiknas, Bupati Herry Naap membuka Festival Biak Pintar dengan sekitar 11 jenis cabang lomba seni budaya dan ilmu pengetahuan.

Selain festival Biak Pintar dilakukan juga pameran inovasi sekolah pendidikan sekolah dan pameran usaha mikro kecil menengah.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024