Jayapura (ANTARA) - Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo mengatakan logo pemerintah provinsi itu yang berbentuk perisai sebagai dasar ketahanan dengan lima sisi yang berarti berlandaskan lima butir Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Logo Pemprov Papua Pegunungan juga menunjukkan ciri khas dari wilayah Lapago dan memiliki simbol-simbol dari delapan kabupaten di wilayah Lapago di mana lambang tersebut berbentuk persegi lima," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Jayapura, Selasa.

Menurut Kondomo, dalam logo Pemprov Papua Pegunungan itu juga terdapat beberapa simbol seperti gunung yang menjulang tinggi dan lembah yang menjelaskan kekayaan alam melimpah diberikan Tuhan bagi warga Lapago.

"Kemudian ada sungai yang memberikan kesuburan tanah di wilayah ini dan simbol berikutnya adalah menara pengintaian yang secara adat diartikan untuk melakukan pengintaian kepada musuh ketika perang suku berlangsung," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan demikian maka ke depan daerah tersebut akan melahirkan pemimpin yang memiliki visi dan misi yang besar membawa wilayah itu jauh lebih baik.

Selain itu kata dia, simbol berikutnya adalah Honai yang memiliki makna dan martabat dari suku -suku yang ada di wilayah Provinsi Papua pegunungan.

"Honai juga bicara tentang sehati, sepikiran dalam menyelesaikan dan memecahkan berbagai masalah," katanya lagi.

Dia menambahkan sementara untuk simbol noken merupakan khas mama-mama di wilayah Lapago dan tempat terbaik bagi anak-anak untuk tidur dalam perlindungan orang tua sehingga dilambangkan sebagai peran perempuan dalam berdirinya Papua Pegunungan.

"Simbol yang terakhir adalah kapas dan gandum dimana dari 22 kulit gandum melambangkan pada 2022 sebagai tahun lahirnya Provinsi Papua Pegunungan sementara kapas yang berjumlah tujuh bunga melambangkan bulan lahir.

Dia mengatakan untuk bunga kapas yang yang berwarna puting sebanyak delapan melambangkan Kabupaten di wilayah Papua pegunungan dalam dalam bingkai NKRI dan pita melambangkan moto "Kita Bangkit Bersama Untuk membangun".

Sekadar untuk diketahui peluncuran logo Pemprov Papua Pegunungan telah berlangsung di Gedung Aithosa Wamena Sabtu (6/5) oleh Wamendagri John Wempi Wetipo bersama Penjabat Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024