Sentani (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Jayapura, Papua, mengatakan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXVII pada 2023 ini merupakan wadah untuk membentuk generasi muda yang Qurani di daerah tersebut.

Sekretaris Daerah Jayapura Hana S. Hikoyabi di Sentani, Jumat, mengatakan STQ selain menyemarakkan syiar Islam juga memberikan motivasi dan semangat bagi anak dan remaja serta untuk mencari bibit baru dalam dua tahunan ini.

“Membaca Al Quran saja sudah mendapatkan pahala, apalagi mengamalkan isi kandungan di dalamnya tentu lebih besar lagi pahalanya,” katanya.

Menurut Hana, Al Quran sebagai kitab suci merupakan mutlak kebenarannya, karena diturunkan oleh Allah sebagai pedoman guna mencapai keselamatan dan kemaslahatan ciptaannya.

“Al Quran adalah petunjuk dan pemandu jalan hidup manusia, ada dua sisi kehidupan manusia yakni jasmani dan rohani,” ujarnya.

Dia menjelaskan manusia harus seimbang dalam menjaga dan mempertahankan perintah Allah dalam Al Quran agar tidak terjadi ketimpangan pada diri seseorang.

“Selain membaca, semua perintah dan petunjuk kebaikan ada di dalam kitab suci Al Quran, kita harus bisa memaknai isi serta maksud yang terkandung di dalamnya,”

Dia menambahkan dalam situasi dan kondisi zaman globalisasi yang semakin menjauhkan manusia dari hakikat dirinya, sebagai umat Islam harus menyadari dan lebih meningkatkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al Quran.

“Selamat mengikuti STQ semoga kemahiran dalam membacakan ayat-ayat suci Al Quran membuat generasi muda Kabupaten Jayapura menjadi insan yang Qurani,” ujarnya lagi.*


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024