Biak (ANTARA) - DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua, meminta pemerintah kabupaten setempat untuk meningkatkan anggaran pemeliharaan dan penerangan lampu jalan di berbagai kampung dan kelurahan di daerah itu.

"Belum maksimalnya pemeliharaan lampu jalan yang dilakukan dinas perhubungan karena keterbatasan anggaran," ujar Ketua Badan Pembentukan Perda DPRD Biak Numfor D.Rumanasen di Biak, Jumat.

Menurut dia, keberadaan lampu penerangan jalan umum di sejumlah lokasi kota Biak dan sekitarnya sangat vital pada waktu malam hari.

Keberadaan lampu penerangan jalan umum, kata dia, berfungsi untuk memberikan kenyamanan kendaraan pada malam hari.

"Lampu penerangan jalan umum yang terpasang juga memperindah wajah Kota Biak, sehingga harus perlu perhatian anggaran pemeliharaan," katanya.

Sebelumnya, Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap meminta warga di daerahnya agar dapat menjaga fasilitas lampu penerangan jalan umum yang dibangun pemerintah daerah dengan menggunakan dana APBD.

"Fasilitas lampu penerangan jalan umum sudah terpasang harus dirawat karena berguna untuk kepentingan umum," kata Herry Naap.

Ia minta warga Biak Numfor agar jika fasilitas lampu penerangan jalan umum dan taman sudah terpasang,  jangan dirusak atau kabelnya dicuri.

"Saya minta semua elemen masyarakat Biak Numfor ikut mengawasi fasilitas lampu penerangan jalan umum yang dibangun karena menjadi penunjuk jalan kendaraan di malam hari," ujarnya.

Pantauan ANTARA pada Jumat pukul 15.00 WIT sejumlah petugas Dinas Perhubungan Biak Numfor tengah memperbaiki dan memasang lampu penerangan jalan umum yang rusak di pertigaan jalan Ahmad Yani dan Imam Bonjol.

Beberapa petugas instansi tersebut secara bergantian memperbaiki lampu penerangan jalan umum yang tidak menyala diganti alat lampu yang baru.

Sementara di lokasi yang fasilitas lampu penerangan jalan umum yang sudah diperbaiki mulai menyala kembali, sehingga memberikan cahaya terang pada waktu senja malam hari ini.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024