Sentani (ANTARA) - Forum Perempuan Kreatif Peduli Pembangunan Ekonomi (FPKP2E) Kabupaten Jayapura, Papua, mengajak kaum perempuan di daerah ini untuk menjaga persatuan melalui semangat Pancasila.

Ketua FPKP2E Jayapura Ester Yaku di Sentani, Kamis, mengatakan bahwa lahirnya Pancasila sebagai dasar negara memberi energi positif bagi kaum perempuan dalam merawat persatuan bangsa.

“Pancasila merupakan dasar negara yang mempersatukan. Untuk itu mari kita sebagai perempuan Papua dan Indonesia, kita bersama menjaga persatuan bangsa melalui semangat Pancasila,” katanya.

Menurut Ester, Pancasila memiliki nilai-nilai dasar tentang keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk di dalamnya keadilan kaum perempuan.

“Saya mengajak seluruh perempuan Papua mari bersatu merawat dan menjaga persatuan bangsa Indonesia dari Kabupaten Jayapura,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Adat Suku Demutru Namblong Yosep Hembring menjelaskan negara menghadirkan Pancasila bukan sebagai simbol semata tetapi benar-benar menjadi dasar dan kekuatan bangsa ini.

“Saya selaku Tokoh Adat Demutru Namblong mengimbau agar perempuan Papua harus bisa maju dan berkembang karena negara menjamin hak perempuan,” katanya.

Dia menambahkan Pancasila bukan hanya bagi kaum tertentu tetapi hadir bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk para perempuan.

“Mari perempuan Papua jadilah teladan bagi generasi kita dalam memupuk rasa cinta Tanah Air melalui pemaknaan akan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.


Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024