Jayapura (ANTARA) -
Satuan Tugas (Satgas) Yonif 527/BY memberikan pengobatan secara gratis kepada siswa/siswi SD YPPGI Kepas Kopo, Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah sebagai wujud kepedulian kesehatan bagi pelajar setempat.
 
Dansatgas Yonif 527/BY Letkol Inf Ragil Jaka Utama dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan kegiatan bakti sosial merupakan program rutin yang dilakukan pada setiap sekolah yang ada di wilayah kerja.
 
"Kegiatan ini merupakan hasil pemeriksaan kesehatan lanjutan di mana ada 26 orang anak yang diperiksa sudah menunjukkan hasil signifikan," katanya.
 
Menurut Ragil, dari 26 anak tersebut ada yang terkena penyakit kulit dengan dikategorikan ringan hingga sedang yang dulu telah diobati kini sudah mulai membaik.
 
"Program kesehatan merupakan salah satu program satuan sebagai upaya untuk membantu masyarakat Papua demi meningkatkan kualitas kesehatan khususnya di Kabupaten Paniai," ujarnya.
 
Dia menjelaskan program kesehatan merupakan salah satu program sebagai upaya membantu masyarakat Papua di Kabupaten Paniai, Dogiyai dan Deiyai yang memiliki masalah kesehatan. Tentunya juga pihaknya bisa semakin mendekat dan membaur dengan masyarakat di wilayah tugas tanggung jawab sebagai Satgas.
 
"Kegiatan ini juga kami berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah setempat yakni Dinas Kesehatan dengan begitu masyarakat khususnya siswa/siswi bisa hidup sehat," katanya.
 
Dia menambahkan selain penyakit kulit para tim medis Satgas juga mengambil tindakan ulang berupa pengobatan terhadap anak-anak yang belum sembuh, seperti tindakan pembersihan luka koreng dan pemberian salep kulit pada anak yang terinfeksi jamur.
 
"Tidak hanya itu Tim Medis Satgas juga mengobati beberapa anak yang baru mengalami luka bakar, luka akibat benda tajam dan luka akibat terjatuh," ujarnya.
 
 

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024