Biak (ANTARA) - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Biak Numfor KH Ahmad Burhanulhaq menekankan ibadah kurban yang dianjurkan untuk diamalkan sebagian umat Islam pada Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi dapat meningkatkan kepedulian sosial kepada sesama manusia.

"Dengan berkurban ternak hari raya Idul Adha akan menjadi kendaraan umat Islam di Padang Mahsyar," ujar KH Ahmad Burhanulhaq yang bertindak sebagai khatib Shalat Idul Adha di lapangan hanggar Cenderawasih Lanud Manuhua Biak, Kamis.

Disebutkan Burhanulhaq, kurban bagi umat Islam telah meneladani kisah Nabi Ibrahim Alaihi Salam bersama putranya Nabi Ismail AS sebagai bapak dan anak yang taat untuk menjalankan perintah Allah SWT.

Ia mengatakan, manfaat lain tentang berkurban bagi umat Muslim saling berbagi kebaikan kepada sesama manusia di lingkungan sekitarnya.

Bagi siapa saja umat Islam yang telah melaksanakan ibadah kurban, menurut Ketua MUI Burhanulhaq, maka akan mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda dan kemudahan rezeki.

"Mari kita terus menebar kebaikan dengan berkurban memberikan sebagian harta kita berupa hewan ternak guna meraih kebahagiaan dunia dan akhirat," sebut KH Achmad Burhanulhaq dihadapan 5.000 umat Islam di Biak sekitarnya.

Dia berharap, melalui pembagian daging kurban dapat meringankan kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan asupan gizi bagi anak-anak di rumah bersangkutan.

"Kita niatkan ikhlas dengan berkurban untuk mendapatkan keridhoan dan meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT," harap Ketua MUI Burhanulhaq

Ketua Panitia Hari Besar Islam Andi Firman Madjadi menyampaikan terima kasih kepada semua umat Islam yang sudah memenuhi lapangan Hanggar Lanud Manuhua Biak melaksanakan shalat Id.

"Terima kasih saya sampaikan kepada semua umat Islam di Biak Numfor karena telah mengikuti ibadah shalat Id dengan aman, nyaman hingga selesai," sebut Ketua MUI Burhanuhaq.

Pada pelaksanaan shalat Idul Adha 1444 Hijriah diselenggarakan PHBI Biak Numfor di lapangan Hanggar Lanud Manuhua Biak berjalan dengan aman, lancar dan kondusif hingga selesai.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024