Biak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor, Papua, menyalurkan minat dan bakat memasak pelajar SMA/SMK, terutama masak makanan khas Papua Papeda, pada Festival Biak Munara Wampasi 2023. 

Kegiatan lomba memasak Papeda berlangsung di areal eks Pelabuhan Biak Mina Jaya, Jumat, diikuti perwakilan siswa0siswi tingkat SMA/SMK.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia Biak Numfor Vera Sroyer mengaku ajang lomba memasak Papeda merupakan sarana untuk menampung kreativitas anak muda Biak.

"Perempuan Papua harus pandai memasak sehingga lomba ini membuktikan apakah anak-anak bisa masak atau tidak, terlihat di ajang lomba memasak menu Papeda ikan kuah," kata Vera.

Ia mengharapkan peserta lomba masak Papeda dapat berinovasi dan berkreasi membuat menu masakan khas Papua itu dengan bahan sayur dan ikan yang disediakan panitia.

Menurutnya, jika di rumah anak perempuan biasa membantu ibu membuat Papeda, maka pasti dapat membuat menu masakan yang lebih enak.

"Keluarkan kemampuan pada lomba masakan Papeda dengan menghasilkan menu yang sehat untuk dimakan," ujar Vera.

Kriteria penilaian yang ditetapkan panitia, kata dia, yakni menyangkut kebersihan makanan, higienis, cita rasa masakan. dan variasi menu Papeda.

Beberapa peserta lomba mengaku senang dan bangga bisa tampil menyajikan menu masakan khas Papua Papeda kuah ikan kuning tersebut.

"Kami ingin menampilkan yang terbaik di ajang lomba memasak Papeda pada Festival Biak Munara Wampasi ini," ujar Insos, salah satu siswa peserta lomba masak Papeda.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024