Biak (ANTARA) - Sejumlah objek wisata di Kabupaten Biak Numfor, Papua sudah dilengkapi dengan toilet oleh Dinas Pariwisata setempat untuk memberikan kenyamanan wisatawan yang mengunjungi tempat tersebut.

"Dinas Pariwisata sudah membangun toilet berstandar internasional di destinasi wisata di Biak," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun di Biak, Senin (24/7).

Ia mengharapkan, dengan dilengkapi toilet berstandar Internasional di tempat wisata, hal itu mampu menarik minat para wisatawan, khususnya mancanegara, untuk berkunjung ke daerah setempat.

"Bahkan para pengelola objek wisata di Biak sudah diberikan pelatihan dalam mengelola toilet umum," katanya.

Ia mengatakan para pengelola tempat wisata untuk dapat memanfaatkan hasil pelatihan toilet di lokasi wisata setempat.

Pengelolaan toilet yang baik, lanjut Onny, salah satu upaya untuk mewujudkan layanan toilet pada destinasi wisata yang makin meningkat.

"Kenyamanan toilet merupakan suatu hal yang harus dimiliki oleh setiap objek wisata," kata dia.

Koordinator Pemuda Pengelola Objek Wisata Kampung Samau Sofyan Korwa menyebut toilet yang dibangun kelompok usaha bersama pemuda sadar wisata memenuhi standar Internasional.

"Toilet di area tempat wisata Pantai Samau terbersih dan aroma wangi," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Biak Herry Ario Naap dan Kadis Pariwisata Onny Dangeubun karena sudah memberikan kesempatan kepada kelompok usaha bersama pemuda Kampung Samau mengelola toilet umum.

Pantai eks-Dermaga Biak Mina Jaya Samau menjadi lokasi berbagai Acara pariwisata yakni Festival Gerhana Matahari, Festival Biak Biak Pintar, Festival Munara Wampasi, Festival Kasumasa, dan puncak Sail Teluk Cenderawasih 1-7 November 2023.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024