Jayapura (ANTARA) - Bupati Asmat Elisa Kambu mengakui pada momentum HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia saat ini semakin nyata dirasakan pelayanan pemerintah bidang kesehatan dan pendidikan bagi masyarakat di Tanah Papua termasuk warga Kabupaten Asmat, Papua Selatan.

"Secara bertahap terus meningkat pelayanan kesehatan dan pendidikan sehingga diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia di Tanah Papua ini," ucap Bupati Asmat, Elisa Kambu, Rabu.

Generasi muda di Tanah Papua hendaknya memanfaatkan berbagai peluang yang saat ini ada termasuk dalam hal mengenyam pendidikan tinggi agar nantinya dapat sejajar dengan SDM di seluruh Indonesia.

Ketika dihubungi dari Jayapura, Bupati Kambu mengakui, dengan adanya Otsus maka pembangunan baik fisik maupun non fisik mengalami peningkatan yang saat ini dirasakan masyarakat.

Butuh proses untuk meningkatkan itu semua sehingga diharapkan generasi muda di Tanah Papua benar-benar manfaatkan berbagai peluang yang saat ini ada.

"Gunakan semua peluang dan raih apa yang dicita-citakan guna mengejar ketertinggalan, apalagi saat ini sudah ada tiga daerah otonomi baru sehingga Papua menjadi empat provinsi, " kata Bupati Elisa Kambu.

Sementara itu Ketua PGPI Papua Pdt. MPA. Mauri mengajak masyarakat dan semua elemen untuk bersatu dan bersama-sama merayakan HUT ke-78 RI.

Indonesia akan semakin maju jika semua pihak bersatu, TNI-Polri serta masyarakat bergandengan tangan, ujarnya.

“Mari kita bersama-sama dengan semua tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan tokoh pemuda, maju bersama dan meninggikan panji-panji Merah-Putih, Tuhan memberkati kita semua," kata Pdt Mauri.

Tiga provinsi yang merupakan pemekaran dari Papu yaitu Papua Pegunungan, Papua Selatan dan Papua Tengah.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pelayanan kesehatan dan pendidikan makin dirasakan warga Asmat

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024