Biak (ANTARA) - Pemerintah Kampung Manggandisapi Distrik Biak Kota, Kabupaten Biak Numfor, Papua memanfaatkan dana desa tahun 2022 membangun 10 unit rumah sehat warga desa setempat.

"Ada 10 rumah yang kami bangun dengan dukungan dana desa mencapai keseluruhan Rp480 juta atau sebesar Rp48 juta per rumah," kata Kepala Kampung Manggandisapi Distrik Biak Kota Nimbrot Morin  di Biak,Jumat.

Ia mengatakan, untuk rumah yang dibangun dari dana desa berukuran 6x6 meter ditambah dengan kelengkapan jamban keluarga.

Nimbrot mengatakan, untuk 10 unit rumah yang dibangun dengan dana desa hingga saat ini sudah selesai dan ditempati keluarga penerima manfaat.

Nimbrot mengaku, alokasi dana desa yang dikucurkan pemerintah setiap tahun bervariasi dengan kisaran Rp500 jutaan sangat membantu pemerintah kampung Manggandisapi untuk memenuhi kebutuhan dasar warga setempat.

Di antara kebutuhan dasar masyarakat seperti rumah layak huni, kesehatan, pendidikan, jalan kampung, sarana prasarana kampung serta program pemberdayaan ekonomi warga melalui badan usaha milik desa (BUMDes).

"Ada sekitar 170 kepala keluarga di kampung Manggandisapi yang menjadi sasaran pemanfaatan dana desa tahun 2023," sebut Nimbrot.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Biak Numfor Elkanus Rumpaidus mengatakan, dana desa tahap dua sudah tersalurkan kepada 257 pemerintahan kampung di Biak Numfor.

"Silahkan gunakan dana desa yang sudah disalurkan pemerintah untuk digunakan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kampung," harap Elkanus.

Berdasarkan data pada tahun 2023 transfer keuangan dana desa kabupaten Biak Numfor mencapai Rp180 miliar untuk 257 kampung/desa.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024