Timika (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Provinsi Papua Tengah menyebutkan pelaksanaan Festival Budaya Nusantara dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Mimika Yopi Toisuta di Timika, Selasa, mengatakan nantinya pada saat penyelenggaraan festival tersebut para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan menjajakan produk olahannya.

"Kegiatan ini akan melibatkan banyak pihak sehingga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dari para pelaku UMKM dan pastinya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat," katanya.

Menurut Yopi, Festival Budaya Nusantara ini akan menjadi ajang bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Mimika mempromosikan produk-produk unggulan daerahnya.

"Festival Budaya Nusantara ini diselenggarakan dalam rangka menyongsong Hari Ulang Tahun (HUT) ke-27 Kabupaten Mimika yang akan melibatkan para pelaku UMKM," ujarnya.

Dia menjelaskan Festival Budaya Nusantara ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Pemkab Mimika dan rencananya akan diselenggarakan secara rutin selama tiga kali agar dapat masuk dalam agenda nasional.

""Agar dapat masuk menjadi agenda nasional maka kami harus rutin melakukan Festival Budaya Nusantara selama tiga tahun berturut-turut," katanya lagi.

Dia menambahkan sehingga pelaksanaan HUT ke-27 Kabupaten Mimika pada 8 Oktober 2023 kali ini akan dimeriahkan dengan penyelenggaraan Festival Budaya Nusantara.





Baca juga: Pemprov Papua: Numbay Creative Festival ajang promosi budaya daerah

Baca juga: Festival Budaya Nusantara Harmoni Biak jaga Kebhinekaan Sabang-Merauke

 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024