Timika (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, menyebutkan Pusat Pendidikan dan Latihan Olah raga Pelajar Daerah (PPLPD) menjadi wadah pengembangan atlet berbakat.

Kepala Disparbudpora Mimika, Yopi Toisuta, di Timika, Senin, mengatakan pembinaan olah raga bagi pelajar tingkat daerah sudah menjadi tanggung jawab yang harus dijalankan.

"Kita hidupkan kembali PPLPD Mimika. Dengan demikian akan lahir bibit-bibit atlet berbakat dari Kabupaten Mimika," katanya.

Menurut Yopi, untuk menciptakan atlet yang profesional harus dibentuk sejak dini dengan latihan yang konsisten dan penuh kedisiplinan diri.

"Itulah tujuannya dibentuk PPLPD agar siswa benar-benar difokuskan pada pendidikan dan olah raga yang digeluti," ujarnya.

Dia menjelaskan sebagai langkah awal dimulai dengan olahraga sepak bola, selanjutnya, akan ditambah jenis olah raga lain yang dibina dalam PPLPD.

"Melalui wadah PPLPD karakter siswa juga akan terbentuk sejak dini sebagai atlet yang memiliki mental juang dan sportif," kata Yopi.

Dia menambahkan pihaknya menargetkan pada 2024 pembangunan PPLPD Mimika segera rampung dan dapat langsung menampung siswa dari bidang olah raga sepak bola.

"Kita harus memulai dengan bola kaki karena peminatnya banyak. Setelah itu jenis olahraga yang lain akan disaring melalui penyelenggaraan turnamen untuk mencari atlet berbakat untuk masuk PPLPD," ujar Yopi Toisuta.
 

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024