Kota Jayapura (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono menyatakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan(TMP) sebagai momentum pengingat jasa pahlawan dalam mempertahankan setiap jengkal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Ini sebagai momentum kita generasi penerus bangsa ini menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan terus berjuang dalam mewujudkan Indonesia maju,” kata Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono di Jayapura, Rabu

Menurutnya, ziarah TMP adalah tradisi Tentara Nasional Indonesia dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 maupun tahun sebelumnya.

“Ini sebagai tradisi dari TNI seluruh Indonesia termasuk saat ini ziarah yang dilakukan di TMP Kesuma Jayapura dalam rangkaian memperingati HUT ke-78 TNI RI,” ujarnya.

Danlantamal X Jayapura menjelaskan upacara di taman makam pahlawan dilakukan di seluruh Indonesia oleh tiga matra, TNI AD, AU dan AL.

“Ziarah ini juga sebagai tanda bahwa setiap yang bernyawa pasti akan meninggal sehingga keteladanan dan semangat perjuangan perlu kita teruskan,” katanya.

Dia menambahkan sebagai penerus tongkat estafet perjuangan pahlawan maka setiap warga negara memiliki patriotisme dalam menjaga keutuhan negara ini.

Irup pada Upacara Ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kesuma Jayapura dalam rangkaian HUT ke-78 TNI, Rabu (4/10) 2023 Danlantamal X Jayapura Brigjen TNI (Mar) Ludi Prastyono.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024