Sentani (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Papua menyatakan Polisi dan TNI akan bersinergi meningkatkan kebersamaan dalam menjaga kedamaian di Papua.

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri di Sentani, Kamis mengatakan Polisi dan TNI adalah pilar utama dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dimana ada Polri pasti ada teman-teman TNI, kami tidak pernah mundur sejengkal pun dan tidak akan berhenti memperhatikan keamanan di tanah Papua,” katanya.

Menurut Kapolda, di mana daerah ada gangguan dari kelompok yang berbeda ideologi maka di situ ada Polri dan TNI.

“Kita hadir di daerah-daerah di Papua untuk memberikan ketenteraman dan menjaga kedamaian bagi masyarakat di sana,” ujarnya.

Kapolda mengharapkan kehadiran Polri dan TNI di tengah-tengah masyarakat jangan dijadikan momok menakutkan.

“Jadikan lah kami (Polri-TNI) teman yang dapat berkontribusi menjaga kesinambungan pemerintahan serta pembangunan di daerah-daerah,” katanya.

Dia menambahkan leluhur orang Papua mencita-citakan untuk daerah ini menjadi tanah damai itu dapat terwujud dengan dukungan penuh masyarakat.

“(Kedamaian) itu harus diupayakan bersama bukan hanya tugas Polri dan TNI saja tetapi semua yang ada di atas tanah Papua harus punya kerinduan yang sama menjadikan Papua tanah damai,” ujarnya.


 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024