Jayapura (ANTARA) - Sebanyak enam siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Papua mengikuti Lomba Ketrampilan Siswa Nasional (LKSN) jenjang SMA di Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait di Jayapura, Sabtu, mengatakan ke enam siswa tersebut akan mengikuti enam lomba, yakni merangkai bunga, mendesain barang bekas dan Ilmu Teknologi (IT).

"Kemudian lomba tekstil, tata boga baik menu tradisional dan kuliner nusantara selain itu dari Papua juga akan melakukan peragaan pembuatan busana batik," katanya.

Menurut Sohilait, ke enam siswa tersebut masing-masing mengikuti satu mata lomba dengan didampingi oleh enam pendamping.

"Mereka akan mengikuti lomba selama satu pekan dimulai pada 9-14 Oktober 2023 di Jakarta," ujarnya.

Dia menjelaskan dengan diikutsertakan siswa SLB tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi bagi orang tua di Papua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus untuk bisa menyekolahkan mereka.

"Sehingga ke depan anak-anak ini bisa berprestasi baik di tingkat daerah maupun nasional," katanya lagi.

Pelepasan ke enam siswa SLB untuk mengikuti LKSN di Jakarta telah berlangsung pada Jumat 6 Oktober 2023 dan telah diberangkatkan pada Sabtu

Dia menambahkan pihaknya juga telah melepas tim Gala Siswa Indonesia (GSI) Papua pada Jumat (6/10) untuk mengikuti turnamen sepak bola di Jakarta pada 18 Oktober 2023.

"Kami harap mereka bisa meraih prestasi dan yang terpenting juga ialah pengalaman yang didapat pada ajang tersebut," ujarnya.

Dia mengatakan tim sepak bola GSI Papua yang akan mengikuti turnamen itu berjumlah 18 orang yang direkrut dari tiga daerah, yakni Kabupaten dan Kota Jayapura serta Kabupaten Keerom.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024