Jayapura (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk meminta Pj Bupati Puncak Darwin Haratua Lumban Tobing dapat membangun sinergi dengan pemangku kepentingan di daerah itu guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya minta agar Penjabat Bupati Puncak dapat melakukan program kegiatan yang berdampak langsung terhadap peningkatan kesejahteraan dan mengentaskan kemiskinan ekstrem di daerah itu," kata Ribka Haluk dalam siaran pers yang diterima Antara di Jayapura, Senin, saat melantik Darwin Haratua menjadi Pj Bupati Puncak.

Ia berharap Pj Bupati Puncak yang baru dilantik dapat melaksanakan program prioritas nasional, meliputi percepatan penurunan stunting hingga menjadi  14 persen pada 2024 dan  pengentasan kemiskinan ekstrem.

"Selain itu juga memastikan pelaksanaan pemilu dan pilkada 2024 berjalan lancar dan pengendalian inflasi daerah, terutama menjelang Hari Raya Natal serta memastikan ketersediaan komoditas barang yang menjadi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Karena itu ia berharap Pj Bupati Puncak Darwin Haratua segera membangun sinergi dan konsolidasi bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan, dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah tersebut.

Pihaknya juga meminta penjabat bupati agar memastikan roda pemerintahan di Kabupaten Puncak berjalan baik, sekaligus memastikan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) berada di tempat penugasan.

"Setelah pelantikan ini saya perintahkan untuk tidak ada lagi kantor perwakilan di kabupaten lain dan seluruh ASN harus kembali ke Kabupaten Puncak untuk melayani masyarakat," ujar Ribka Haluk.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024