Timika (ANTARA) - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar sosialisasi optimalisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kepegawaian (SIMAK).

Kepala Bidang Informasi Pengadaan Pemberhentian, Pembinaan dan Kesejahteraan Aparatur Yulianus Pinimet dalam keterangan di Timika, Minggu, mengharapkan peserta sosialisasi dapat menerapkan aplikasi SIMAK secara optimal di instansi masing-masing.

"Saat ini kita dituntut untuk mengoptimalisasikan kemampuan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Indonesia dengan sistem digitalisasi maupun optimalisasi sistem aplikasi," katanya.

Menurut Kepala Bidang Mutasi dan Promosi Abdul Azis, sebelumnya sudah pernah dilakukan sosialisasi serupa di Kabupaten Mimika.

"Ini sebagai pengembangan dan pengoptimalan, waktu itu baru diterapkan pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Distrik Mimika Baru," katanya.

Dia menjelaskan saat ini direncanakan mengoptimalkan penggunaan pada semua OPD, bukan hanya di tiga OPD saja.

"Dalam penggunaan aplikasi ini, jika ada yang belum mendapatkan username atau password, akan segera dibagikan oleh bagian Information Technology (IT)," ujarnya.

Dia menambahkan ke depannya, OPD tidak lagi perlu datang ke kantor BKPSDM untuk mengurus administrasi kepegawaiannya, cukup upload dokumen masing-masing melalui aplikasi SIMAK.

"Tapi untuk jangka pendek hingga Februari nanti, hanya kepengurusan pangkat, tahun depan, baru semua kepengurusan administrasi kepegawaian seperti mutasi, pensiun dan lain sebagainya, akan diterapkan di aplikasi SIMAK," katanya lagi.

Pewarta : Agustina Estevani Janggo
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024