Jayapura (ANTARA) - PLN UP3 Jayapura, Papua, menyiapkan 399 tiang listrik untuk pemasangan jaringan pada Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohida (PLTMH) di Distrik Iwur, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Manajer PLN UP3 Jayapura Yakomina Senandi di Jayapura, Kamis, mengatakan hingga kini pihaknya baru mendistribusikan sebanyak 180 tiang listrik dan target pada Desember 2023 semua tiang sudah selesai dikirim ke ibu kota Pegunungan Bintang, Oksibil.

"Memang dalam pengiriman tiang listrik yang sedikit terhambat karena menggunakan transportasi udara tidak maksimal sehingga baru 180 tiang," katanya.

Menurut Senandi, Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohida di Kabupaten Pegunungan Bintang dibangun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Jadi saat ini Kementerian ESDM membangun PLTMH dan kami juga sementara berjalan untuk pemasangan jaringan listrik," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk PLTMH di Distrik Iwur dengan daya mampu tiga MW sehingga kelistrikan bisa dirasakan warga di daerah itu.

Dia menambahkan total daya mampu pada PLN UP3 Jayapura yang menaungi lima kabupaten/kota sebesar 149 MW sementara beban puncak 96 MW itu berarti baru 45 persen listrik yang digunakan masyarakat.

"Sehingga masih ada cadangan sekitar 53 MW atau sekitar 55 persen dan kami juga pada 27 Oktober 2023 akan melistriki beberapa kampung di Distrik Waris, Kabupaten Keerom," ujarnya.

PLN UP3 Jayapura mencakup Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Keerom dan Kabupaten Jayapura serta Kota Jayapura.

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024