Jayapura (ANTARA) - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Jayapura, Papua berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura melaksanakan Festival Pelajar Nusantara dalam rangka penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), Senin.

Kepala Stasiun LPP RRI Jayapura Engelbertus Silubun di Jayapura, Senin, mengatakan Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 untuk penguatan P5 menitikberatkan pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) guna mengelaborasi semua potensi yang ada baik jenjang SMK maupun SMA di Kota Jayapura

"Ini menjadi penting karena UMKM merupakan sektor usaha yang betul-betul diminati oleh masyarakat luas karena dengan modal yang kecil bisa meningkatkan kesejahteraan," katanya.  

Menurut Silubun, melalui FPN 2023 pihaknya memberikan dukungan disamping mengangkat kreativitas seni dari pelajar tetapi juga mengangkat karya melalui pameran UMKM hasil produk SMA dan SMK di Kota Jayapura.

Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Jayapura Robby Awi mengatakan FPN yang dilaksanakan sebagai contoh nyata bagaimana kolaborasi antara LPP RRI Jayapura bersama Dinas Pendidikan dan Pengajaran setempat untuk merayakan keanekaragaman, bakat keahlian dan pemahaman yang lebih dalam tentang lahirnya Sumpah Pemuda.

"Festival Pelajar Nusantara hadir juga untuk bersatu sebagai satu bangsa, satu Indonesia yang beragam untuk merayakan keanekaragaman potensi luar biasa," katanya.

Menurut Awi, generasi muda merupakan tulang punggung perubahan positif dan agen perubahan pemimpin masa depan Indonesia yang lebih baik ke depan.

"Sehingga Kami percaya melalui festival ini kami dapat mencapai masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya berharap festival tersebut akan menjadi sumber inspirasi bagi generasi muda Kota Jayapura sehingga dapat mewujudkan Papua hebat, Indonesia maju.

Ketua Panitia FPN RRI Jayapura Darmawari Tahir mengatakan dalam penyelenggaraan festival tersebut selain pameran UMKM dalam rangka penguatan P5 juga menampilkan lomba pembuatan video pendek, pidato, lagu daerah, tari yosim pancar, fashion show dan webinar lokal serta webinar nasional yang dilaksanakan pada 23-25 Oktober 2023.

"Dan pada acara puncak 25 Oktober 2023 para siswa SMA dan SMK akan mengucapkan ikrar sumpah pemuda," katanya.

Dia menambahkan sebanyak 24 SMA dan SMK serta dua SMP di Kota Jayapura turut serta dalam penyelenggaraan FPN II 2023 yang dilaksanakan LPP RRI Jayapura berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura.


Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024