Banyumas (ANTARA) - Menteri Pertahanan RI (Menhan) Prabowo Subianto mengatakan pihaknya memproyeksikan melakukan eksplorasi air di Papua guna mengatasi masalah bencana kekeringan melanda wilayah itu.

"Kita selalu berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Biasanya kalau ada permintaan, nanti kita kirim tim survei dan sebagainya," kata Menhan Prabowo saat ziarah kubur makam leluhur di Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Menurut dia, air di wilayah Papua sebenarnya banyak dan sekarang tinggal bagaimana pengelolaannya.

"Jadi, itu daerah banyak rawa sebetulnya. Jadi mungkin tempat-tempat tertentu tapi sebenarnya Papua itu airnya banyak," katanya saat resmikan 16 titik air di Desa Suro Kabupaten Banyumas.

Prabowo mengakui kegiatan eksplorasi air merupakan salah satu program yang sudah lama diusung di saat Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI).

"Sebetulnya bangsa Indonesia itu airnya banyak tinggal kita harus manage, kita harus kelola dengan baik, saya kira itu. Nah ini, untuk pertama kali, saya di Universitas Pertahanan, saya membuat prodi, program studi khusus air, hidrologi," jelasnya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya akan mendalami masalah air tersebut yang meliputi cara mencari air dan cara membersihkan air sungai/rawa/laut agar dapat dikonsumsi oleh manusia manusia.

"Jadi kebetulan saya jadi menteri, kemudian kita bikin Fakultas Teknik, dan kebetulan kita punya beberapa pakar masalah air, dan punya teknologi mencari air. Saya bangga ketika ada kebutuhan di daerah segera direspons mengirimkan tim  dengan ketepatannya 100 persen setiap titik dibor selalu ada air," katanya.

Bahkan, kata dia, beberapa negara ingin belajar ke Indonesia terkait eksplorasi air tersebut.

Prabowo saat mengunjungi makam leluhurnya dan eyang kakungnya berasal Banyumas dari Pak Margono.

Mendiang Margono Djojohadikoesoemo kakek  Prabowo Subianto pendiri BNI 46 serta pernah jabat Ketua Dewan Pertimbangan Agung Sementara (DPAS) pertama.

Prabowo sangat bangga dan terkesan dengan Banyumas  sejak dulu melahirkan tokoh nasional seperti Panglima Besar Soedirman, Pak Surono, Pak Sarbini. 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Menteri Pertahanan proyeksikan eksplorasi air di Papua

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024