Sentani (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Wamena, Papua Pegunungan membagikan 120 bahan pokok (bapok) kepada anak-anak Papua untuk mencegah stunting (pertumbuhan lambat) di daerah setempat.

Dalam siaran pers di Jayapura, Senin, disebutkan pembagian bapok dilakukan oleh Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN UP3 Wamena ke Pondok Pesantren Al-Istiqomah Walesi, Papua Pegunungan pada Sabtu (28/10).

Ketua YBM PLN UP3 Wamena Catur Reza Maharani mengatakan kegiatan tersebut bertajuk "cekal stunting dengan pembagian bapok bernilai gizi tinggi".

"120 paket gizi yang dibagikan seperti beras, minyak goreng, daun teh, susu, telur, biskuit, sayur-sayuran, buah-buahan, botol minum dan piring," katanya.

Menurut Catur, program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengurangi angka stunting di Papua Pegunungan khususnya Wamena.

"Dilansir pada dpr.go.id, hasil kunjungan reses anggota komisi IX DPR RI Ruskati Ali Baal pada 4 Oktober 2023 ke Wamena, bahwa  angka stunting di Provinsi Papua Pegunungan masih berada di angka 45 persen dan ditargetkan laju penurunan stunting per tahun harus 3,5 persen," ujarnya.

Dia menjelaskan untuk menjawab hasil reses tersebut maka YBM PLN UP3 Wamena bersinergi dengan program pemerintah untuk menurunkan angka stunting di Wamena.

"Betapa pentingnya nilai sosial, keagamaan dan kesehatan masyarakat yang berada di lingkungan kerja PT PLN UP3 Wamena," katanya lagi.

Dia menambahkan PLN UP3 Wamena meski perusahaan yang bergerak di bidang jasa tetapi mengutamakan kemanusiaan dalam hal ini dengan sedekah.

"Keluarga terdekat kami di Wamena ini salah satunya anak-anak yang sedang menimba ilmu di Pondok Pesantren Al Istiqomah, selain dengan bersedekah, program ini bisa merekatkan ikatan keluarga dan tali silaturahmi PLN UP3 dengan sesama muslim di Wamena," ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Istiqomah Walesi Wamena Ahmad Baidi mengatakan pihaknya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada YBM PLN UP3 Wamena yang telah berperan membantu tumbuh kembang anak-anak Pondok Pesantren Al Istiqomah.

“Alhamdulillahirabbil alamin, berkah bagi saya dan anak-anak. Saya sangat bersyukur sekali PLN UP3 Wamena sudah banyak membantu tumbuh kembang anak-anak kami yang sedang berjuang demi masa depan mereka," katanya.

 

Pewarta : Yudhi Efendi
Editor : Hendrina Dian Kandipi
Copyright © ANTARA 2024