Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan terjadi gempa berkekuatan magnitudo 5,2 melanda wilayah Samudera Pasifik, Kabupaten Biak Numfor, Papua dipicu aktivitas subduksi utara Papua.

"Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi utara Papua," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Selasa.  

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust-fault).  

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0,45 lintang selatan 135,78 bujur timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 34 km arah timur laut Supiori, Papua dengan kedalaman 11 km.  

Ia mengemukakan gempa terjadi pada Selasa pukul 14.12.15 WIB berdampak dan dirasakan di Supiori  skala intensitas III-IV MMI (modified mercally intensity), artinya pada siang hari dirasakan orang banyak dalam rumah, di luar beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.  

Gempa juga terasa di daerah Biak dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah dan tidak berpotensi tsunami

Daryono menyampaikan hingga pukul 14.31 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan gempa.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa M5,2 guncang wilayah Biak Numfor dipicu subduksi utara Papua

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024