Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyampaikan ada tiga jaringan telekomunikasi yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang kini telah dirasakan manfaatnya oleh warga khususnya di daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Papua Jery Agus Yudianto kepada ANTARA di Jayapura, Selasa, mengatakan ketiga jaringan telekomunikasi itu yakni Palapa Ring Timur, BTS 4G dan Satria.
 
“PSN di Papua di bidang telekomunikasi adalah proyek Palapa Ring Timur, BTS 4G dan Satria,” katanya menambahkan.
 
Menurut Jery, kehadiran jaringan telekomunikasi di tanah Papua sangat membantu di mana sebelumnya hanya ada jaringan milik PT Telkom yang hanya melayani beberapa wilayah saja.
 
“Untuk itu kehadiran tiga jaringan dari pemerintah pusat ini sangat membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan infrastruktur,” ujarnya.
 
Dia menjelaskan sejauh ini koneksi ketiga jaringan telekomunikasi tersebut cukup lancar di mana masyarakat telah memanfaatkannya dengan baik.
 
“Kehadiran sarana telekomunikasi tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan dasar yang harus dirasakan oleh masyarakat hingga ke pelosok Indonesia sehingga perlu adanya bantuan jalur alternatif," katanya.
 
Dia menambahkan digitalisasi adalah salah satu yang tidak bisa diabaikan dalam pembangunan suatu wilayah.
 
“Dengan begitu dapat meminimalkan kesenjangan digital antara barat dan timur meski akses belum terlalu cepat,” ujarnya.

Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024