Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,2 pukul 21.27.34 WIB wilayah Utara Kabupaten Jayapura, Papua, Minggu akibat subduksi Lempeng New Guinea Trench.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan di Jakarta, menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M4,9.

Episenter gempabumi terletak koordinat 2,22° LS ; 140,30° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 Km arah Barat Laut Kabupaten Jayapura, Papua pada kedalaman 30 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng New Guinea Trench," ujar dia.

Gempabumi ini dengan skala intensitas II - III MMI atau getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan daerah Kota Jayapura.

Gempabumi ini tidak berpotensi tsunami dan masyarakat dihimbau tetap tenang jangan terpengaruh isu tak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Periksa dan pastikan bangunan rumah tahan gempa sebelum kembali ke rumah.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa M 5,28 utara Kabupaten Jayapura akibat subduksi lempeng

Pewarta : Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024