Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sarmi, Papua melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat menjamin ketersediaan akses internet guna mendukung kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024.

Kepala Bidang E-Goverment Pemkab Sarmi Stephenson Derek di Jayapura, Selasa, mengatakan jaminan ketersediaan akses internet tersebut menjadi bagian dari upaya menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan.

"Hampir semua distrik di Sarmi telah memiliki akses internet yang memadai,” katanya.

Menurut Stephenson, hingga kini internet di 10 distrik dalam kondisi aman dan belum ada laporan kendala.

“Sehingga diharapkan dengan ketersediaan akses internet yang memadai, pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar,” ujarnya.

Dia menjelaskan, untuk kebutuhan internet pihaknya telah melakukan koordinasi dengan penyelenggara pemilu baik KPU, Bawaslu, Polres maupun Kodim setempat.

"Memang ada permohonan penambahan akses internet, namun kita harus dengan menyurati Pemerintah Pusat. Kami tidak bisa ambil langkah sendiri karena semua keputusan dari pusat. Jadi Pemkab Sarmi hanya memfasilitasi permohonan saja,” katanya lagi.

Dia menambahkan, sebelumnya Pemkab Sarmi telah mengusulkan pengadaan 300 VSAT ke pusat namun yang disetujui hanya 124 perangkat.

“Dari 124 perangkat tersebut, mungkin hanya sekitar 50 perangkat yang akan disebar, sedangkan sisanya sebanyak 74 perangkat akan disimpan sebagai cadangan berdasarkan kebutuhan,” ujarnya lagi.


Pewarta : Qadri Pratiwi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024