Jayapura (ANTARA) - Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua mengajak masyarakat di daerah itu menanam pohon mangrove di sepanjang Pantai Holtekam, Kota Jayapura.

Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua Jan Jap Ormuseray di Jayapura, Kamis, mengatakan penting sekali menanam pohon mangrove untuk karena bertujuan mencegah abrasi di kawasan tersebut.

"Kami juga meminta supaya masyarakat bisa menjaga pohon mangrove yang selama ini ditanam pada kawasan Pantai Holtekamp bukan di rumah," katanya.

Menurut Ormuseray, pihaknya memberikan apresiasi kepada Kodam XVII/Cenderawasih yang sudah berinisiatif untuk menanam pohon kelapa di Pantai Holtekamp.

"Sehingga kami berharap ke depan dari dinas kehutanan juga bisa melakukan hal serupa yaitu menanam pohon guna melindungi kawasan wisata di Kota Jayapura itu," ujarnya.

Dia menjelaskan diharapkan agar Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura juga mempunyai regulasi yang jelas terkait tata ruang di daerah yang masuk dalam kawasan lindung tersebut.

"Karena tempat itu juga menjadi tempat mencari nafkah khususnya warga di Kampung Enggros," katanya lagi.

Dia menambahkan selain menanam dan melindungi mangrove pihaknya juga berharap agar kebersihan di Pantai Holtekamp menjadi tanggung jawab bersama semua pihak dengan demikian ke depan kawasan wisata itu lebih ditata rapi.

"Ini yang mungkin menjadi pemikiran kami bersama bagaimana upaya untuk melindungi hutan mangrove di sepanjang Pantai Holtekamp guna mencegah abrasi tetapi juga bisa bebas dari sampah plastik," ujarnya.*

Pewarta : Ardiles Leloltery
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024